Kemendikbud Persilahkan UN Online Pakai Laptop

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penerapan Ujian Nasional computer based test tinggal menunggu waktu. Sebab, Pusat Pelayanan dan Pendidikan (Puspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan persiapan uji coba UN online ini.

Namun, Kepala Puspendik, Balitbang Kemendikbud, Prof Nizam menepis UN online tidak diperbolehkan menggunakan laptop. “Kami tidak melarang UN CBT menggunakan laptop, asalkan bisa menggunakan jaringan kabel atau LAN,” katanya kepada ROL, Kamis (12/1).

Ia melanjutkan, untuk pelaksanaan UN CBT Kemendikbud tidak memaksakan sekolah-sekolah untuk menggunakan komputer pc, selama tidak menggunakan Wifi. Mengingat, kalau pakai Wifi soal-soal UN bisa ‘bocor’ ke mana-mana.

Meskipun, lanjut ia, Kemendikbud menyarankan untuk menggunakan komputer pc, walaupun menggunakan laptop tidak dipermasalahkan.  “Yang penting, fasilitas itu menggunakan kabel LAN dan bukan wifi. Sebaiknya juga, tidak menggunakan laptop siswa, tapi komputer pc atau laptop milik sekolah,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *