UN Online di Kota Malang akan Memakai Laptop
By Darul Falach On 13 Feb, 2015 At 12:34 PM | Categorized As Informasi Pendidikan | With 0 Comments

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri Kota Malang, Tri Suharno mengatakan, sejumlah sekolah di Kota Malang  merespon baik Ujian Nasional (UN) Online.

Tri mengatakan dari sepuluh Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Malang, hanya satu yang belum siap. “Hanya SMA 9 yang menyatakan belum siap, sisanya sudah siap,” kata Tri Suharno, Kamis (11/2).

Ia mengatakan sebelumnya ada beberapa sekolah yang belum siap, karena jumlah komputer tidak memadai. Namun setelah diperbolehkan menggunakan laptop akhirnya banyak sekolah yang bersedia. Sekolah-sekolah negeri di Kota Malang rata-rata hanya memiliki lima belas komputer.

Tri mengatakan saat ini pelatihan teknis sedang berjalan. Pelatihan dilakukan kalangan internal Sekolah. Karena pada tahun lalu SMK sudah mengadakan UN secara Online, maka pelatihan dilakukan oleh para guru SMK yang telah melaksanakan UN Online sebelumnya.

“Tinggal mempersiapkan jaringan internetnya saja,” kata Tri.

Tri mengatakan sekolah yang akan menggelar UN Online, saat ini mempercepat persiapan menyambut pelaksanaan ujian melalui sambungan internet itu.

Tidak hanya mempercepat pengadaan perangkat komputer, sekolah juga mempercepat pelaksanaan try-out UN Online.

“Rencananya, try-out UN Online akan diselenggarakan pada akhir bulan ini. Kami percepat untuk mempersiapkan mental siswa,” kata Tri.

Jadwal try-out bersama UN Online yang dikerjakan siswa dengan cara manual berlangsung mulai 21-23 Februari.

“Untuk pelaksanaan latihan (try out) bersama Ujian Online juga akan berlangsung setelah siswa pulang sekolah. Jadi tidak mengganggu jam belajarnya,” kata Tri.

UN Online akan dilaksanakan Maret mendatang. Sebanyak 29 SMA dan SMK di Kota Malang akan mengajukan diri untuk melaksanakan UN Online. Ujian ini akan berlangsung mulai 7-15 Maret untuk siswa kelas 12 SMA, dan untuk siswa kelas 12 SMK mulai 13-16 Maret.

Dari 35 SMA swasta hanya 3 SMA yang ikut melaksanakan UN Online. Tri mengatakan pada tahun depan kemungkinan seluruh SMA di Kota Malang sudah siap melaksanakan UN Online.

UN Online kali ini akan mengujikan enam mata pelajaran, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta tiga mata pelajaran lagi sesuai jurusan mereka.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*