Dibuka, Program dan Beasiswa “E-Track” ke Jepang!
By Darul Falach On 15 Apr, 2015 At 09:50 AM | Categorized As Beasiswa | With 0 Comments

KOMPAS.com – Periode pendaftaran ujian masuk musim semi 2015 program dan beasiswa E-Track di Tokyo International University (TIU), Tokyo, Jepang, kembali dibuka untuk gelombang ketiga pada Jumat 24 April hingga Jumat 8 Mei 2015 nanti. E-Track merupakan kurikulum untuk program internasional bidang studi Ekonomi Bisnis dan Hubungan Internasional di TIU.

E-Track atau English Track Program dibentuk oleh TIU pada April 2014 lalu. Semua mata kuliah dalam program ini diberikan dalam bahasa Inggris.

“Tapi, walaupun belajar dengan pengantar bahasa Inggris, program ini juga akan mengajarkan bahasa Jepang, studi tentang Jepang, dan sebagainya supaya mahasiswa dapat mempelajari berbagai macam hal di sini,” kata Akitoshi Miyashita, profesor bidang politik internasional Tokyo International University (TIU), menyatakan hal tersebut kepada KOMPAS.com, Senin (13/4/2015).

Tak hanya bahasa Inggris. Miyashita mengatakan, dalam program E-Track ini para mahasiswa juga sangat dianjurkan mempelajari bahasa Jepang. Bahasa Jepang mutlak diperlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka selama menampuh pendidikan di Negara Sakura itu.

“Nanti, setelah masuk kuliah di TIU, pihak universitas menyediakan kurikulum khusus untuk pembelajaran bahasa Jepang ini,” ujar Miyashita.

“Mahasiswa juga akan mengikuti Japan Studies, yaitu pembelajaran tentang sejarah dan budaya Jepang sehingga mahasiswa dapat mempelajari berbagai macam hal di sini,” tambahnya.

Beasiswa

Tokyo International University atau TIU didirikan pada 1965, dan memiliki lima fakultas untuk program S-1 dan empat Fakultas untuk program S-2. Saat ini seluruh mahasiswa TIU berjumlah sekitar 6.000 mahasiswa.

“Termasuk di dalamnya ada 700 mahasiswa asing dari lebih dari 30 negara, seperti Amerika Serikat, Nepal, Perancis, Korea, Vietnam, Indonesia, dan lainnya,” kata Miyashita.

Khusus untuk mahasiswa program E-Track, TIU memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) mulai 30 persen hingga 100 persen. Mahasiswa bisa mendaftar beasiswa ketika ujian masuk.

“Pengumuman beasiswanya dilaksanakan bersamaan dengan pengumuman kelulusan. Beasiswa ini bisa berlaku selama empat tahun selama si penerima beasiswa dapat mempertahankan prestasinya,” ujar Miyashita.

Bagi yang tertarik, syarat pendaftaran program kuliah dan beasiswa E-Track hanya dilakukan melalui seleksi dokumen. Dokumen mencakup satu essai berbahasa Inggris, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, misalnya IELTS (minimal skor 5,5 ), TOEFL IBT (minimal skor 61), atau TOEIC (minimal skor 700), dan sebagainya yang bisa dilihat di application guideline atau panduan aplikasi.

 

Sebelum melakukan proses pendaftaran, ada baiknya calon pendaftar membaca panduan aplikasi dihttp://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/application_guideline_2015.pdf. Untuk pendaftaran online bisa dilakukan lewathttps://tiu.applyjapan.com/. Pamfletnya dapat diunduh dihttp://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/etrack_school_Brochure.pdf.

Bagi pelajar Indonesia, TIU juga akan berpartisipasi dalam kegiatan Edufair Jepang 2015 di Japan Foundation Jakarta, Sabtu (18/4/2015), pekan ini. Di pameran tersebut staf TIU Jakarta akan memberikan penjelasan mengenai English Track Program secara langsung. Bagi yang ingin mengetahui lebih detail dan berkonsultasi, silahkan hadir dalam acara tersebut. Acara dimulai dari pukul 10:00 hingga 16:00 WIB.

Untuk konsultasi, pelajar bisa mengontak staf TIU Jakarta (Fuji Staff) dengan bahasa Indonesia di  021-252-3716  atau e-mail:tiu@fujistaff.co.id. Pelajar juga dapat mengontak langsung ke Tokyo Office dengan bahasa Inggris atau Jepang di +81-3-3362-9644 atau e-mail: etrack@tiu.ac.jp.

Adapun untuk mencari informasi awal, pelajar Indonesia juga bisa menjelajahi situs mereka di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/(English track program) atau E-track Facebook page.

Selamat menempuh studi!

Source: edukasi.kompas.com

 

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*