SANTRI MA DARUL FALACH LOLOS SAMPAI AL AZHAR KAIRO
By Admin MA On 14 Jan, 2020 At 04:03 PM | Categorized As Beasiswa, Berita Pesantren, Fitur | With 0 Comments

PBSB adalah kepanjangan dari Program Beasiswa Santri Berprestasi. Program unggulan kementerian agama yang dicanangkan sejak tahun 2005 telah berhasil melahirkan intelektual-intelektual religius  dan nasionalis. Peserta PBSB dapat memilih perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Proses tahapan seleksi dan pembinaan PBSB Luar Negeri cukup panjang. Oleh karenanya, pada periode tahun 2019 ini pendaftarannya dipersingkat. Peserta harus mengikuti 2 tahapan seleksi untuk dapat lolos sampai tahap akhir di PBSB Luar negeri. Tahap pertama adalah seleksi CBT, tes membaca kitab kuning serta tes wawancara. Santri yang dinyatakan lulus seleksi tahap I akan melanjutkan seleksi berikutnya. Pada tahap inilah, santri akan diseleksi langsung oleh Syaikh dari Al-Azhar Kairo berupa tes hafalan al-Qur’an sebanyak 2 juz serta tes wawancara berbahasa Arab.

Setelahnya, santri yang lulus seleksi tahap II akan mengikuti proses matrikulasi oleh Pusat Bahasa Arab. Dalam proses ini, penguasaan bahasa akan dibina hingga minimal mencapai level 3 (mutawasith).

Untuk para santri yang akan mengambil pilihan seleksi beasiswa di Al-Azhar Kairo, Kemenag memberikan akses pilihan Fakultas untuk santri putra sebagai berikut:

  1. Fakultas/Kulliyyat Ushuluddin
  2. Fakultas/Kulliyyat Syari’ah wa al-Qanun
  3. Fakultas/Kulliyyat Lughah al-‘Arabiyyah
  4. Fakultas/Kulliyyat al-Dirasat al-Islamiyyah wa al-‘Arabiyyah lil Banin
  5. Fakultas/Kulliyyat Dakwah Islamiyyah

Untuk santri putri dibuka pendaftaran pada Fakultas al-Dirasat al- Islamiyah wa al-‘Arabiyah lil Banat, Ushuluddin, Syari’ah Islamiyah serta Bahasa Arab.

Alhamdullilah pada Tahun 2019 ini salah satu Santri kami atas nama ATA SABILUN NAJA NAJDAH berhasil lolos tahap seleksi PBSB Luar Negeri Universitas Al-Azhar Kairo. Ata Sabilun Naja Nadjah resmi diterima di Jurusan Syariah Islamiyah Fakultas Dirosat Islamiyyah wal Arobiyyah Universitas Al-Azhar Kairo.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*