Madrasah Aliyah (MA)
By Darul Falach On 5 Feb, 2015 At 03:12 AM | Categorized As | With 2 Comments

Madrasah Aliyah (MA) Darul Falach adalah lembaga pendidikan formal setingkat SMA yang menerima peserta didik lulusan SMP/MTs. Santri yang mendaftar di MA Darul Falach bisa memilih salah satu program peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) atau Ilmu-ilmu Sosial (IIS). Jenjang Madrasah Aliyah ini ditempuh dalam waktu 3 tahun.

Untuk lebih membekali para santrinya, MA Darul Falach banyak memberikan pilihan kegiatan ekstra kurikuler yang luwes sehingga tidak menyita proses pembelajaran kurikuler. Kegiatan ekstra kurikuler yang bisa diikuti santri antara lain :

  • Jurnalistik, dengan menerbitkan majalah dinding untuk media informasi Pesantren, buletin untuk lembar dakwah daerah sekitar Pesantren, dan majalah untuk lembar informasi dan dakwah yang lebih luas.
  • Pramuka, yang merupakan ekstra kurikuler wajib, selain mendapatkan pendidikan kepramukaan, para santri yang sudah duduk di kelas 11 MA juga diberikan kesempatan untuk membina pramuka siaga di SD & MI sekitar Pesantren.
  • Micro Teaching, yang berupa praktek mengajar di kelas. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib kelas11 berupa bimbingan dan pengarahan untuk praktek mengajar di MTs Darul Falach sebagai salah satu syarat kenaikan kelas ke kelas 12.
  • Tapak Suci, kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan sore hari untuk membina fisik dan mental santri. Selain latihan bela diri, santri juga akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan para anggota Tapak Suci dari tempat lain dalam ajang perlombaan maupun silaturahim.
  • Klub olahraga, antara laih; klub futsal, klub bola voli dan klub bola basket.
  • Tahfidzul Quran, santri MA Darul Falach juga diberi keluasan untuk mengikuti program tahfidzul Quran yang dilaksanakan pada pagi dan malam hari.
  • Dan lain-lain.

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. Umi Hani mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr…wb….
    Afwan Admin, klau ikhwan kan tidak bisa mask MA Tahfidzul Qur’an karena itu khusus putri. apabila santri putra itu ikut program ekstrakulikuler tahfidzul Qur’an, apakah bimbingan Tahfidznya juga setiap hari?. bagaimana dengan batasan minimal hafalannya ust/ah? dan apakah untuk pembimbingan itu sdah terjadwal atau murid yang harus rajin mencari gurunya?. terimakasih banyak atas bantuan infonya.
    wassalamu’alaikum Wr..Wb

    • Darul Falach mengatakan:

      Waalaikumussalam wa rahmatullah.
      Untuk peserta ekstra tahfidz (kami menyebutnya santri tahfidz reguler) ada pembimbing khusus tahfidz juga, waktu halaqahnya pagi setelah shubuh dan sore menjelang maghrib sampai isya. Untuk tahfidz reguler tidak ada batasan minimal hafalannya, jadi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*